Rabu, 28 Maret 2018

Cara Budidaya Buah Naga Dalam Pot Yang Praktis Dan Murah

Cara Budidaya Buah Naga Dalam Pot Yang Praktis Dan Murah - Buah Naga berasal dari salah satu jenis kaktus yang tergolong cukup unik. Sebelum menjadi buah, bunga buah naga mulai bersemi sejak sore hingga malam hanya untuk layu ketika terkena sinar matahari. Karena keindahan bunganya, seringkali bunga buah naga mendapat julukan moonflower atau Queen of the night.

Fisik dari buahnya pun tergolong unik, mulai dari kulitnya hingga dagingnya. Beberapa mungkin terbiasa dengan penampilan buah naga dengan kulitnya yang berwarna merah, namun ada juga buah naga yang berkulit kuning dan memang hampir sama sekilas dengan nanas. Bagian dalamnya pun ada yang berwarna ungu dan ada yang berwarna putih. Tampilan bagian dalam buahnya hampir sama dengan kiwi, yakni terdapat biji hitam kecil-kecil yang juga bisa dimakan.

Buah naga ini asli dari Amerika Tengah, namun juga berkembang dan diekspor dari beberapa negara Asia Tenggara, seperti Thailand dan Vietnam. Hylocereus undatus, bahasa latin dari buah naga, merupakan buah dengan rendah kalori namun menawarkan banyak sekali nutrisi termasuk vitamin B dan C, fosfor, protein, kalsium, fiber, captin, dan antioksidan.

Cara Budidaya Buah Naga Dalam Pot Yang Praktis Dan Murah

Beberapa orang mengira bahwa buah naga dengan daging putih dan merah berbeda, namun sebenarnya sama-sama bernutrisi bagi tubuh. Buah ini aman untuk dikonsumsi oleh siapapun, bahkan untuk ibu hamil.

Cara mengkonsumsi buah naga sangat mudah, Anda bisa membelah buah naga menjadi dua bagian, lalu keruk isinya dan makanlah. Bisa juga di blender untuk dijadikan jus buah naga. 

A. Manfaat buah naga :

1. Membantu mengurangi berat badan

2. Camilan sehat bagi Anda yang sedang berdiet

3. Membantu proses detoksifikasi

4. Mampu mencegah kanker

5. Mampu mencegah diabetes

6. Mampu mencegah tekanan darah tinggi dan serangan jantung

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

8. Meningkatkan nafsu makan

9. Membantu masalah pencernaan

10. Menunda penuaan dini

11. Membantu meringankan batuk dan asma

12. Membantu pertumbuhan dan kesehatan tulang serta melancarkan peredaran darah

B. Manfaat buah naga untuk ibu hamil :

1. Menjaga kestabilan tekanan darah dan gula darah

2. Mampu mencegah dan mengatasi kurang darah (anemia)

3. Mampu meningkatkan imunitas (kekebalan tubuh)

4. Menambah tenaga dan kekuatan

5. Mencegah keguguran dan kelahiran prematur

6. Memperkuat tulang dan gigi

7. Memperbaiki pencernaan

8. Membantu perkembangan dan pertumbuhan janin


Berikut informasi selengkapnya mengenai Cara Budidaya Buah Naga Dalam Pot Yang Praktis Dan Murah


Menyiapkan Tempat Menanam Buah Naga

Karena Kita ingin melakukan teknik menanam buah naga dalam pot maka hal pertama yang harus Kita siapkan adalah pot sebagai tempat menanam bibit buah naga. Pot yang digunakan untuk media tanan buah naga sangat flexibel. Kita bisa menggunakan pot plastik, tanah liat, semen, hingga drum atau kaleng bekas. Untuk memaksimalkan pertumbuhan buah naga, ada baiknya Kita menggunakan pot yang terbuat dari tanah liat untuk menjaga suhu tanaman ini. Gunakan pot berukuran besar sekitar 40 cm karena semakin besar ukuran pot maka akan semakin baik agar buah naga dapat tumbuh maksimal.

Menyiapkan Media Tanam Buah Naga

Setelah menentukan jenis pot yang digunakan untuk menanam buah naga, kini saatnya Kita mulai bercocok tanam dengan menyiapkan media tanamnya terlebih dahulu. Siapkan pasir, pupuk kKitang, tanah, dan kompos. Perbandingan masing-masing bahan adalah 2:3:1:1. Biasanya, petani menambahkan bubuk batu bata dan kapur pertanian secukupnya. Campur semua bahan tersebut hingga rata kemudian siram dengan air. Biarkan campuran media tanam tersebut sehari semalam sebelum digunakan untuk menanam buah naga.

Menyiapkan Tiang

Salah satu fungsi dari tiang tersebut adalah sebagai penopang agar buah naga tidak mudah roboh. Jika buah naga sudah tumbuh besar, tiang tersebut akan dililit oleh akar tanaman tersebut. Akan lebih baik jika tiang panjatan tersebut terbuat dari besi berdiameter sekitar 8 cm hingga 10 cm. pastikan bahwa tiang tidak mudah goyah. Kita bisa memberikan kaki-kaki pada tiang tersebut agar kokoh dan kuat menopang akar buah naga.

Menanam Bibit

Kita harus memperhatikan cara tanam bibit buah naga agar tanaman bisa tumbuh maksimal. Tentu saja dengan memahami cara menanam buah naga dalam pot yang benar, Kita tidak perlu melihat tanaman tersebut mati karena Kita tidak paham bagaimana cara menanamnya. Walaupun masih berupa bibit, sebaiknya pilihlah bibit yang besar. Pilihlah bibit yang batangnya berwarna hijau tua. Pastikan pula kalau bibit tersebut bebas dari penyakit. Salah satu tips menanam bibit buah naga adalah soal ukuran bibitnya. Ukuran ideal bibit buah naga yang siap ditanam dalam pot adalah sekitar 30cm.

Setelah memilih bibit yang berkualitas baik, tanam pada kedalaman sekitar 10cm di sekitar tiang yang sudah Kita siapkan tadi. Tidak perlu menanam bibit buah naga terlalu dalam karena menamannya terlalu dalam justru tidak baik bagi pertumbuhan buah naga itu sendiri. Rapikan tanah di sekitar bibit buah naga dengan cara menekan tanahnya. Selain merapikan tanahnya, menekan tanah juga berfungsi untuk menguatkan batang bibit buah naga agar tidak mudah roboh. Setelah memastikan bahwa bibit tertanam dengan sempurna, siram pot tersebut dengan air. Letakkan pot berisi bibit buah naga tersebut di daerah yang terkena sinar matahari langsung. Seperti yang dijelaskan di atas, prosespenanaman buah naga dalam pot sangat mudah dilakukan. Caranya tidak jauh berbeda dengan cara menanam tanaman pada umumnya. Jika Kita adalah salah satu penikmat buah naga, tidak ada salahnya mencoba menanamnya sendiri di rumah dengan media pot.

Memelihara Bibit Buah Naga Hingga Siap Panen


Setelah ditanam bukan berarti Kita membiarkannya dalam pot. Tentu saja, Kita harus memeliharanya dengan baik agar nantinya buah naga bisa dipanen dan Kita benar-benar merasakan buah naga yang segar. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan saatmemelihara buah naga. Kita harus melakukan pemupukan secara teratur. Jika memungkinkan gunakan pupuk alami untuk memperoleh buah naga yang benar-benar menyehatkan. Selain itu, Kita juga harus melakukan penyiraman teratur agar buah naga tumbuh segar dan dapat di panen sesuai jadwal. Setelah beberapa waktu, bibit buah naga akan menjadi pohon buah naga. Untuk itu, Kita juga harus melakukan pemangkasan cabang. Sesekali periksa akar dan tiang panjatan. Tetap pastikan bahwa tanaman ini masih kokoh dan tidak roboh.Jika diperlukan, ikat batang pohon dengan kawat atau tali ke tiang panjatan. Nantinya, Kita akan memperoleh buah naga merah yang segar dan nikmat dari pot Kita sendiri.

Demikian informasi mengenai Cara Budidaya Buah Naga Dalam Pot Yang Praktis Dan Murah . Semoga bermanfaat. Terimakasih
thumbnail
Judul: Cara Budidaya Buah Naga Dalam Pot Yang Praktis Dan Murah
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Buah Naga, Budidaya :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz Publisher Free Template